Cara Meningkatkan Pendapatan Pajak bagi Pemda


Seiring berjalannya Otonomi Daerah, Setiap Pemda dihadapkan pada kenyataan bahwa selain memperoleh bagian dana dari pemerintah pusat juga harus pandai menggali sumber pendanaan dari daerah masing-masing.

Selain Pajak Bumi dan Bangunan, Pemda harus menggali potensi pajak yang ada di wilayah dari mulai sektor informal sampai dengan sektor yang sudah terdata secara baik (terdaftar).

Cara-cara berikut dapat diterapkan oleh setiap pemda untuk meningkatkan PAD mereka :

  1. Meningkatkan pengawasan pada sektor perhotelan, di sektor perhotelan banyak yang bisa digali yaitu PP I dari restoran, Pajak pemakaian air tanah, Pajak atas hiburan yang diselenggarakan.
  2. Meningkatkan pengawasan pada sektor restoran, berapa banyak PP I yang diperoleh oleh Pemda dari semua restoran yang ada di wilayahnya, saya jamin belum maksimal. Perlu pengawasan maksimal dari setiap usaha restoran akan laporan penjualan yang sebenarnya dengan pembayaran PP I yang dia keluarkan.
  3. Meningkatkan pengawasan pada sektor pariwisata, jika dikelola secara baik pariwisata akan meningkatkan PAD dari pemasukkan tiket masuk, parkir, penyewaan stan dll.
  4. Meningkatkan pengawasan pada sektor perparkiran, di setiap daerah masih banyak area parkir yang dikelola secara liar. Dan pastikan parkir yang telah dikelola secara baik oleh perusahaan parkir memberikan sharing yang benar ke Pemda.
  5. Meningkatkan pengawasan pada sektor periklanan, banyak sekali masih terlihat spanduk spanduk yang belum ada tanda pelunasan pajak terpampang di jalanan.
  6. dst menyusul…..(bersambung)

Tentang zaidanzidna

learn together
Pos ini dipublikasikan di Tentang Pajak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s