Biaya Lain-lain pada laporan keuangan fiskal


Seseorang menunjukkan kepada saya laporan keuangan perusahaan yang telah dibuatnya, draft laporan keuangan tersebut menyajikan pos2 yang layak dan wajar kecuali di pos biaya lain-lain. Pada pos ini memuat angka yang signifikan hampir 20% dari total biaya keseluruhan yang ada di laporan laba rugi. Apa ada yang salah dengan penempatan seperti ini? boleh2 aja sih sebenarnya.

Alasa dia membuat laporan seperti ini dengan pos biaya lain-lain begitu signifikan karena males mengelompokkan biaya2 tersebut ke kelompok yang semestinya. Jadi semacam keranjang sampah atas pos2 biaya yang belum dikelompokkan oleh dia,

Penempatan pos seperti ini akan menimbulkan berbagai pertanyaan bagi kantor pajak, yang tugasnya memang menggali potensi pajak. Bagi petugas pajak akan mengkorek biaya apa saja yang ada pos biaya lain2 tersebut. wajar.

Belum lagi apabila dokumentasi arsip kita amburadul, maka biaya ini sering jadi hal yang lumrah bagi petugas pajak untuk melakukan koreksi fiskal. dan tentu akibatnya kita harus menambah jumlah pajak yang harus kita bayar akibat kelalaian dan kemalasan kita.

jangan lupa yah.

Iklan

Tentang zaidanzidna

learn together
Pos ini dipublikasikan di Tentang Pajak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s