Kerja Sama Operasi (KSO)


KSO adalah suatu entitas yang dibentuk oleh dua atau lebih badan usaha untuk melakukan kerjasama baik menyangkut permodalan maupun teknis lainnya dalam mengerjakan suatu proyek.

KSO juga bisa dikatakan sebagai bentuk kerjasama pemenangan sebuah tender u memperoleh proyek dari pemberi proyek tentunya, bisa pemerintah maupun swasta. Biar proyek tidak didominasi oleh satu perusahaan saja. Pemerrataan omzet, singkatnya.

Di dunia nyata banyak sekali proyek-proyek yang dijalankan atau dilaksanakan oleh pemenang proyek dengan cara model KSO ini. Menjadi sesuatu yang lazim di dunia konstruksi dan sejenisnya.

Di lapangan model KSO sangat digemari para pelaku usaha, mengapa? Karena hampir inti kehidupan real dunia KSO tidak tersentuh oleh tangan-tangan petugas pajak.

Kecuali Pajak Pertambahan Nilai, sebagian besar obyek pajak yang mesti dipotong dan dipungut berada dalam area abu-abu. Sedangkan Unsur yang menentukan Laba Bagi Hasil atas suatu proyek KSO sampai selesai adalah sesuatu yang gelap dan tak tersentuh juga tak teraba oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Tentang zaidanzidna

learn together
Pos ini dipublikasikan di Tentang Pajak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s