musim mengisi SPT Tahunan


Mendekati bulan Maret, kita yang telah memiliki NPWP disibukkan dengan acara mengisi SPT dan melaporkannya di Kantor Pelayanan Pajak dimana kita terdaftar. Untuk Wajib Pajak Badan batas penyampaian SPT berakhir pada tanggal 30 April. Pemisahan ini sangat melegakan, setidaknya mengurangi antrian  ketika berada di Kantor Pajak.

Metode penerimaan SPT Tahunan yang menggunakan tanda terima sementara juga mampu membantu mengurangi antrian dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. upaya terobosan yang dilakukan DJP sebagai bentuk pelayanan yang lebih baik. meski kami agak kurang sreg dengan tanda terima yang berupa secarik kertas yang prenumber yang dibuat seadanya.  mudah-mudahan tahun ini sudah ada persiapan yang matang. semoga.

Mengisi SPT Tahunan untuk Orang Pribadi sebagai karyawan yang penghasilannya di bawah 60 juta sangat mudah. Mengisi SPT Tahunan 1770 SS. SS berarti Sangat Sederhana, sesederhana pengisiannya. yang hanya mengisi jumlah harta dan kewajiban kita.  enak….., saya tidak tahu tujuan persis dari 1770 SS ini, mungkin lebih di arahkan sebagai pembelajaran kepada sebagian masyarakat indonesia yang secara tidak langsung mengatakan bahwa mengisi SPT itu gampang loh.

Meningkat sedikit ke 1770 S, meskipun ada S nya yang artinya tetap sederhana. bagi kebanyakan WP masih juga bingung untuk mengisinya. karena bener-bener tidak tahu, takut salah, atau kurang penyuluhan juga dari kantor pajak.

Untuk SPT 1770 WP OP dan Badan, sudah bisa dibilang agak njelimet. betapa tidak.  Isian pada kolom-kolom SPT menjadi tidak sinkron lagi dengan Laporan Keuangan yang kita miliki. saya tidak tahu untuk masalah ini belum dibuat pemecahan yang berarti. artinya ketika laporan keuangan yang kita miliki lebih gampang untuk dipindahkan ke kolom SPT dengan angka-angka subtotal yang sama.

tapi biarin lah ini tetap begitu biar Wajib Pajak agak kebingungan sedikit, biar mereka nanya ke konsultan pajak. kan kasihan kalau wajib pajak langsung ngerti semua untuk ngisi SPT. Bagaimana nasib sanak keluarga konsultan pajak. he he he he he. bercanda……, tapi ada benarnya juga loh…

Iklan

Tentang zaidanzidna

learn together
Pos ini dipublikasikan di Tentang Pajak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s