Oleh: zaidanzidna | Januari 12, 2009

Perlukah kita memiliki NPWP


Pertanyaan itu disampaikan seorang teman kepadaku.

Ada beberapa keuntungan yang dapat kita nikmati ke depan kalau kita memiliki NPWP, yaitu:

Hingga tahun 2010 orang yang memiliki NPWP mendapat fasilitas bebas fiskal jika ke luar negeri. (setelah tahun 2010 fiskal dibebaskan untuk semua, baik yang ber NPWP maupun tidak).

Yang tidak memiliki NPWP akan dikenakan tarif lebih tinggi 20 % dibanding kan mereka yang memiliki NPWP.

Nah ayo keputusan ada di tangan saudara-saudara sekalian.

Responses

  1. Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan dasar mengenai perpajakan.

    Saya baru saja memiliki NPWP. Dari sini, apa yang harus saya follow-up? Saya dengar kalau sudah memiliki NPWP, saya juga harus menyusun SPT. Apa itu SPT? Apakah saya harus melakukannya sendiri? Karena saya dengar dari bagian accounting di kantor saya, untuk tahun ini SPT masih diurus oleh perusahaan. Apa itu berarti saya tidak usah memikirkan SPT untuk sekali ini?

    Terima kasih atas jawabannya.

  2. dengan memiliki npwp, maka ada kewajiban untuk menyampaikan laporan SPT tahunan. SPT dapat disusun oleh Mas Alif denga membaca buku petunjuk pengisian SPT atau bisa minta bantuan bagian akunting atau pajak diperusahaan. bisa juga kita datang ke kantor pajak menemui AR (account Representatif) orang yang bertugas membantu permasalah pajak WP yang disediakan oleh Dirjen Pajak.

    jika penghasilan yang diterima mas alif hanya berasal dari satu pemberi kerja, pengisian SPT nya cukup sederhana dan mudah – tinggal memindahkan angka2 yg ada pada kolom 1721 a2 yang diberikan oleh perusahaan dan mengirimkannya.

  3. sebelumnya terima kasih untuk jawabannya. kali ini (kalau boleh) saya ingin mengkonfirmasi beberapa hal lain.

    saya baru berbincang-bincang dengan teman saya yang kantornya baru saja mendapat penyuluhan pajak. menurutnya, untuk SPT saya cuma harus mengisi form 1770 SS yang lebih sederhana karena penghasilan saya tidak lebih dari 30 juta / tahun. dan form ini harus dilampiri dengan fotokopi form 1721 A1 atau 1721 A2 dari perusahaan. apakah ini benar?

    yang kedua, apakah untuk tahun ini ada deadline untuk penyampaian SPT pribadi? saya dengar (dari si teman), batas akhir penyampaiannya adalah 31 maret. tapi akunting perusahaan saya baru akan mengisi form 1721 A1 sekitar tanggal itu. kalau saya menunggu sampai perusahaan selesai mengisi form 1721 A1 supaya saya bisa melampirkan fotokopinya, apa itu berarti saya akan melewati batas waktu dan kena denda?

    terima kasih atas jawabannya.

  4. Mas,saya baru saja daftar ke kantor pajak di sana gak lama cuma di minta fotocopy KTP dan materai Rp.6000.- terus saya dapet bukti pengambilan kartu untuk esok nya..terus yang saya bingung cara ngisi wajib pajak nya..soal nya saya bulan desember ini baru aja kena PHK , saya mau coba coba buka usaha sendiri tapi terbentur modal ,solusi nya saya mau mengajukan kredit ke bank tapi syarat mutlak nya harus punya NPWP maka nya saya buat..pertayaan saya : perlukan saya mengisi laporan tahunan ?soal nya kalo pendapatan saya belum ada…biaya hidup pun tertolong karena ada tabungan..

  5. perlu bossssssssssssssssssssss

  6. waduh, pertanyaan saya masih belum dijawab ya?

  7. mending nggak usah punya npwp kalau nggak punya usaha, habis ribet, orang pajak juga bawaan curiga mulu.

  8. Berapa jumlah pernghasilan pertahun hingga kita wajib bayar pajak? tq

  9. saya sudah daftar untuk dapat NPWP via online, tapi jadi bingung apa perlu melanjutkan karena penghasilan saya setahun hanya 30 juta-an. Semuanya gak cukup untuk biaya hidup, kalau dipotong pajak, wah bisa repot!


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

