Tarif Penyusutan


Bukan Bangunan :

        Kelompok          masa manfaat        garis lurus     saldo menurun

  1. Kel 1                      4 tahun                    25%                   50%
  2. Kel 2                      8 tahun                   12.5%                 25%
  3. Kel 3                     16 tahun                  6.25%                12.5%
  4. Kel 4                     20 tahun                    5%                    10%

Bangunan                              masa manfaat                      garis lurus

  1. Permanen                            20 th                                    5%
  2. Tidak Permanen                 10 th                                   10%
About these ads

Tentang zaidanzidna

learn together
Tulisan ini dipublikasikan di PPh. Tandai permalink.

59 Balasan ke Tarif Penyusutan

  1. agustinus berkata:

    Kasih referensi Peraturannya dunk, biar manthap

  2. zaidanzidna berkata:

    uu pph pasal 11

  3. wawan berkata:

    tolong carikan contoh tarif penyusutan fiskal dari kel. 1-4. thank’s

  4. zaidanzidna berkata:

    mas wawan bisa klik ke judul penyusutan – kelompok harta

  5. Erlinda berkata:

    Masa manfaat yang dimaksud misal Kelompok II, maksimal 8 tahun (berati kita bisa menyusutkan antara 5-8 tahun) atau memang harus 8 tahun? thx

  6. zaidanzidna berkata:

    jadi kita mesti memahaminya begini

    untuk aset yang mempunyai masa manfaat antara 4 sampai 8 tahun maka penyusutannya termasuk golongan II dengan tarif penyusutan
    saldo menurun 25%
    garis lurus 12.5%

    jadi kalau aset itu punya manfaat 5 tahun berarti masuk gol II dengan tarif seperti di atas.

  7. Erlinda berkata:

    Misalnya AC saya tetapkan umur ekonomis 4 tahun, tp menurut DJP itu kan masuk Kel II, jadi ketika saya ingin membuat koreksi fiskal maka AC tersebut harus saya susutkan berapa tahun?thx

  8. zaidanzidna berkata:

    kalau masuk ke gol II berarti disusutkan dengan tarif 12,5% kalau garis lurus , berarti secara fiskal disusutkan delapan tahun.

  9. ferta novana berkata:

    utk spt tahunan pph badan diminta melampirkan daftar penyusutan. contohnya seperti apa ya, formatnya gitu?mhn dijawab cepat ya.terimakasih

  10. zaidanzidna berkata:

    daftar aktiva dan penyusutannya mempunayi kolom sbb:
    1. No
    2. Jenis Aktiva
    3. Jumlah
    4. Gol
    5. Tahun Perolehan
    6. Harga Perolehan
    7. Penambahan/Pengurangan
    8. Dasar Penyustan
    9. Akumulasi Penyusutan s.d tahun sebelumnya
    10. Biaya penyusutan th berjalan
    11. Akumulasi penyusutan
    12. Nilai Buku

  11. hendri berkata:

    minta info tenteng penyusutan dong, terutama garis lurus, mengenai perahu, gimana taksiran umur/masa pakai, persen penyusutan dsb,makasih

  12. hendri berkata:

    oh iya, buku apa sih yang menulis tetntang penyusutan secara lengkap?

  13. Rina berkata:

    mau tanya pak, kalau kita mau menetapkan umur manfaat suatu aktiva, yang berbeda dari ketetapan pajak, apakah ada hal-hal yang harus kita penuhi, atau cukup hanya policy yang ditetapkan oleh perusahaan?

  14. adi berkata:

    pengertian beban penyusutan apa siy….? yang banyak beredar adalah pengertian penyusutannya az….

  15. adi berkata:

    lanjutan, apakah beban penyusutan aktiva tetap dapat mempengaruhi laba dan mengurangi laba.? karena yang saya tahu laba itu sendiri khan dipengaruhi oleh beban beban. menurut saya laba akan berkurang seiring dengan penyusutan yang lebih besar. iya khan?

  16. uci berkata:

    klo lemari es itu masuk golongan berapa ya??

  17. rizal berkata:

    boleh lihat contoh perbedaan laporan penyusutan pajak dan akuntansi…?

    • Rio Rismantoro berkata:

      Mhn dibantu untuk penjelasan sbb : Perusahaan saya akan membeli mobil untuk inventaris lbh krg seharga 170 jt baru. Lalu dari beberapa pendapat teman2 saya yg juga mempunyai perusahaan sejenis dg saya yaitu Bank Perkreditan Rakyat, menyatakan untuk melakukan penyusutan ada yg beritahu 4 – 8 tahun atau 5 – 10 tahun garis lurus, dari kedua masa penyusutan tersebut kira2 mana yang lebih baik dan tidak menyalahi aturan perpajakan maupun perbankan? terimakasih atas bantuannya. Regards Rio.

  18. lilik berkata:

    apa yang dimaksud gol tarif menurut yang ditetapkan

  19. Nick berkata:

    Tolong dUnk kasih Penjelasn yang Secara Detail Untuk Tarif Penyusutannya,,

  20. Aniyatul Muniroh berkata:

    Mau tanya dong, klu misal antara jumlah aktiva sama penyusutan adalah sama. trus perlakuan penyusutan pada bulan berikutnya gmna?

  21. zaidanzidna berkata:

    U Aniyatul

    Apabila aktiva telah habis disusutkan, maka untuk periode berikutnya
    penyusutannya adalah NIHIL.

  22. Aniyatul Muniroh berkata:

    gmna perlakuannya klu aktiva yang udah nihil di jual.

  23. Aniyatul Muniroh berkata:

    trus tanya lagi, klu misal saya sudah trlanjur buat laporan keu dengan akumulasi penyusutannya lebih besar dari aktiva tetap gmna?
    penyesuainnya gmna?

  24. manto berkata:

    Tolong dikasih tahu barang yang masuk dalam pengelompokan tarif?

  25. zaidanzidna berkata:

    u manto

    KEPUTUSAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
    NOMOR 138/KMK.03/2002

    tentang perubahan

    KEPUTUSAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 520/KMK.04/2000
    TENTANG JENIS-JENIS HARTA YANG TERMASUK DALAM KELOMPOK HARTA BERWUJUD BUKAN BANGUNAN UNTUK KEPERLUAN PENYUSUTAN

  26. Anonymous berkata:

    selamat siang,
    saya ingin menanyakan jika barang dibeli secara kredit misalnya mobil/ motor sebagai inventaris kantor,apakah perlu dilakukan penyusutan.bagaimana dengan harga perolehannya ?

  27. rani berkata:

    gmn sih lap. tahunan utk perusahaan tapi perusahaannya cuma dipinjam aja kita cm dpt fee misal 2%?
    bingung uey..
    coz perusahaannya ga punya karyawan dan ga pernah bikin lap. keuangan krn emang ga da arus uang. uang yg masuk ya di paki buat kehidupan sehari2..
    kasih tau dounk KOMPLIT..
    dokumennya apa ja?
    trims

  28. Basa Limsaria berkata:

    pagi pak..

    mau tanya, lemari es termasuk kelompok berapa ya??
    trus cara buat lapkeu tahunan perusahaan yg br berdiri, gimana ya pak??
    kebetulan perusahaan sy baru brdiri september 08 tapi blm ada lapkeu thn 08 nya,,
    tolong bantu sy gimana menyusun lapkeunya ya pak,,karena itu jg kan sbg bahan sy tuk mengisi SPT tahunan ’08.

    Terima kasih sebelumnya atas bantuannya..

  29. Wulan berkata:

    Jakarta, 12 Agustus 2009

    Yth. Dirjen Pajak

    Mohon saya diberikan penjabaran untuk jenis barangnya berdasarkan KELOMPOKNYA, karena saya bingung untuk barang jenis A masuk kelompok yang mana?

  30. sri rama damayanti berkata:

    Pak,saya mau minta tolong bisa tidak saya mau mengetahui tentang tarif pajak penyusutan dalam bukan bangunan ada kel 1,kel 2,kel 3,kel 4,apakah saya bisa tahu daftar yg kel 1 ,2,3,4 ada apa saja?

  31. danil berkata:

    klo barang inventaris kantor tp masih kredit perlu penyusutan ga.? nilai perolehannya brp.?

  32. Anonymous berkata:

    apakah bangunan da disusutkan melebihi 20 tahun??
    30 tahun misal. apkh bs demikian??

  33. vera berkata:

    brpkah masa maksimal untuk penyusutan bangunan??? apakah bisa mencapai 30 tahun???

  34. diana berkata:

    aktiva tetap yangg bagaimana yang digolonglongkan ke dalam penyusutan mesi mnrt pajak

  35. Suhartini Herlina berkata:

    Tolong berikan contoh-contoh aset kel 1 s/d 4, trims

  36. Martina berkata:

    Tolong Beritahu Saya tentang Pengisian Lampiran Penyusutan/amortisasi didalam SPT Badan,Jika saya Mempunyai Harta Berwujud Kelompok 1 yaitu komputer dengan masa perolehan 2008, dengan harga perolehan 3.000.000, dan dengan nilai sisa 2.250.000 (saya memakai metode garis lurus),yang saya tanyakan pada kolom Metode Penyusutan/Amortisasi yaitu Komersial atau Fiskal isinya gimana ya??tolong segera jawabannya karena saya mau membuat SPT…dan terima kasih jawabannya.

  37. Yanto berkata:

    Tolong tanya, apakah ada daftar data aset yang tergolong di kel I, kel II, Kel III, Kel IV.

    Terimakasih atas bantuannya.

  38. raharjo berkata:

    tolong tanya, kalau dipembukuan sudah tertera penyusutan sebesar 10 % itu masuk kelompok mana

  39. Rika berkata:

    Saya mau ty klo ada aktiva gol1 thn05,tp msh py sisa nilai buku thn09…bgmna perlakuannya?

  40. Naina berkata:

    saya mau tanya bagaimana perlakuan tarif penyusutan, bila aktiva tersebut nilai bukunya sudah nol. tapi di jual
    apakah pembeli harus tetap menentukan masa manfaat secara utuh?

  41. vita berkata:

    tolang beri komentar tentang pemungutan pajak. masih releven apa gak pajak di indonesia ini. makasih

  42. rohmaniyah sanjaya berkata:

    tolong kirimkan yang termasuk kel. 1,2,3,4

  43. Johanes berkata:

    Pak,
    Kalo saya beli mobil pd th 2009 Rp 350jt dan saya masukkan ke gol 1 kemudian di 2010 saya pindahkan ke gol 2, untuk koreksi terhadap akumulasinya gmn ya?

    Selanjutnya kalo saya beli fixed asset di nov 2009 tapi saya lupa memasukkannya sebagai fixed asset dan baru di masukkan pada 2010, apakah boleh di 2010 saya menyusutkannya mulai dari nov 2009 soalnya menurut PSAK, fixed asset disusutkan pada saat barang digunakan

    thanks, ditunggu penjelasannya…

  44. indah nuviitaa berkata:

    kategori inventaris kantor yg bagaimana yg harus di susutkan

  45. apakah tarif dan ketentuan di atas masih berlaku untuk perhitungan akhir periode 2011 ?

  46. Patricia berkata:

    Mau tanya, untuk bangunan permanen menurut pajak masa manfaatnya 20th. Bila bangunan permanen tapi tidak baru (beli dalam bentuk rumah jadi) yang akan digunakan untuk kantor, apakah masa manfaatnya tetap 20th atau ada pengecualian??Terima kasih

  47. elisabeth berkata:

    malam, mau nanya mengenai penyusutan gerobak pesawat dan tangga pesawat masuk kelompok harta berapa… trus, jika msk kel.II dgn 25%, penghitungan penyusutan di tahun berikutx gimana ya?? mohon bantuannya, tks

  48. Anonymous berkata:

    om mau tanya nih, kata guru saya ada 6 kelompok aktiva tetap itu kan baru 4 nah 2 lgi apa y mohon petunjuknya

  49. sasmito berkata:

    pakah yg di maksud tahun perolehan?apakah tahun motor itu di produksi apa tahun pada saat kita beli motor tersebut..mksh sebelumya

  50. Arum Sariningtyas berkata:

    tolong dijelaskan donk, bagaimana cara menghitung dan mengisi lampiran SPT Tahunan untuk daftar penyusutan dan amortisasi fiskal

  51. Reny berkata:

    Pak, tolong infonya
    kalau perusahaan rental mobil, & ada mobil yang dibayar secara kredit / leasing. Selama masa kredit itu, apakah secara fiskal kendaraan dapat saya susutkan? Trims

  52. Rina berkata:

    Maaf, mau tanya..
    kalau umur bangunan kan bisa lebih dari 20 tahun, itu bagaimana penentuan tarif penyusutanya?
    untuk perhitungan pajaknya , apakah ada undang-undang yg mengatur umur ekonomis bangunan yg lebih dari 20 tahun?Terima kasih

  53. rubby berkata:

    Apabila massa penyusutan sudah habis,,apakah masih harus melampirkan daftar penyusutan untuk laporan pajak tahunan/SPT tahunan Badan???

  54. devi siwi iswanti berkata:

    sebenarnya apa sih tujuan peyusutan itu??

  55. Anonymous berkata:

    kasih tau dunk,ada ga buku panduannya n apa nama bukunya…..untuk menentukan tarif penyusutan inventaris kantor..??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s